Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal Skincare Routine Anti Ribet Versi Emak – Emak

Konten [Tampil]
https://www.susistory.com/2024/09/jadwal-skincare-routine-anti-ribet.html

Jadwal skincare routine - Semakin bertambah usia, saya semakin sadar pentingnya menggunakan skincare. Utamakan skincare, baru memikirkan make up setelah “jatah” skincare terpenuhi. Percuma beli make up mahal – mahal kalau kulit tidak sehat karena jarang pakai skincare. Ngomong – ngomong soal skincare, saya yakin orang – orang sudah mulai melek mengenai skincare. Apalagi, edukasi tentang skincare mudah sekali didapatkan. Kali ini, saya mau coba share jadwal skincare routine versi emak – emak yang insyaallah sangat simpel. Baca terus sampai akhir, ya!

Jadwal Skincare Routine Anti Ribet Versi Emak – Emak

Basic Skincare Adalah Kunci

https://www.susistory.com/2024/09/jadwal-skincare-routine-anti-ribet.html


Berbicara mengenai jadwal skincare routine, saya yakin banyak yang bingung apalagi pemula. Gimana nggak bingung, banyak sekali produk skincare yang harus dipakai mulai dari toner, essence, serum dan lain – lain. Sebenarnya, tidak masalah jika kita ingin menggunakan rangkaian skincare lengkap selama budgetnya ada dan kulitnya cocok. Namun, jika tidak memungkinkan menggunakan rangkaian skincare lengkap, cukup berpatokan pada teori basic skincare saja.

Teori basic skincare juga banyak sekali versinya. Pasti, bikin bingung! Hahaha... Saya sih ikut teori basic skincare ala dokter Tompi saja. Simpel dan emak – emak friendly. Teman – teman yang suka scroll sosmed pasti tahu mengenai basic skincare ala dokter Tompi karena lumayan ramai penonton dan banyak di repost. Jadi, basic skincare ala dokter Tompi yaitu gunakan pembersih, moisturizer dan sunscreen sebagai perlindungan dari sinar matahari. Nah, teori basic skincare ini yang dijadikan landasan dalam menentukan jadwal skincare routine.

Jadwal Skincare Routine Anti Ribet

Setelah menentukan “konsep” mengenai skincare mana yang akan digunakan, langkah selanjutnya yaitu menentukan produk skincare yang akan dipakai. Jika mengikuti konsep skincare ala dokter Tompi, produk yang perlu disiapkan hanya tiga yaitu facial wash, moisturizer dan sunscreen. See? Simpel banget kan.

Setelah menentukan produk yang akan dipakai, tinggal mengatur penggunaannya sesuai dengan jadwal skincare routine. Oh ya, jadwal skincare routine yang saya tulis disini berdasarkan pengalaman pribadi dengan jenis kulit normal to dry. Kalau berbeda dengan kalian, nggak apa – apa banget ya 😊

https://www.susistory.com/2024/09/jadwal-skincare-routine-anti-ribet.html

Untuk facial wash, biasanya saya gunakan 2 kali sehari yaitu pagi hari dan malam hari. Jika mau membersihkan muka sebelum shalat dan reapply sunscreen, saya hanya menggunakan micellar water karena biasanya saya pakai pensil alis dan lip cream yang sebaiknya memang dihapus sebelum wudhu. Tapi, kalau hanya menggunakan sunscreen biasanya langsung saya bilas wajah dan wudhu saja. Oh ya, memilih micellar water juga harus sesuai jenis kulit. Saya pernah menggunakan beberapa merk micellar water yang setelah penggunaannya bikin kulit jadi kering. Mungkin, micellar water tersebut memang khusus untuk kulit berminyak.

Setelah beres mencuci muka dengan facial wash di pagi hari, lanjut menggunakan sunscreen. Kalau sedang ada waktu luang, saya pakai rangkaian skincare lengkap yaitu serum, moisturizer atau day cream dan sunscreen. Jadi, untuk jadwal skincare routine versi pagi hari lebih fleksibel. Namun, sesibuk – sibuknya minimal wajib pakai sunscreen. Biasanya, saya memang memilih sunscreen yang punya kandungan pelembab karena wajah saya tergolong kering. Jadi, kalaupun saya nggak sempat pakai pelembab atau day cream, sunscreen sudah memberikan kelembaban meskipun hasilnya tidak sebagus combo pelembab dan sunscreen.

Sementara untuk jadwal skincare routine malam hari, saya usahakan lengkap. Dari segi waktu, biasanya saya punya lebih banyak waktu di malam hari. Selain itu, malam hari adalah waktu dimana sel – sel kulit melakukan regenerasi. Jadi, usahakan penggunaan skincarenya lebih “niat” gitu.Produk yang biasa saya pakai untuk night skincare routine yaitu facial wash, toner ( kadang – kadang ), serum, moisturizer atau night cream. Micellar water juga selalu saya gunakan di malam hari jika sebelumnya ada make up yang menempel atau sore harinya saya sudah beraktifitas yang membuat wajah kotor. Kalau hanya dirumah saja dan tidak pakai make up, micellar water boleh di skip. Namun, kembali lagi ke kondisi kulit masing – masing ya.

Eksfoliasi, Wajib Atau Tidak?

Kalian setuju nggak sih kalau akhir – akhir ini semakin banyak produk eksfoliasi atau lebih sering dikenal dengan peeling? Mulai dari yang harganya puluhan ribu sampai ratusan ribu. Kalau merujuk pada konsep basic skincare ala dokter Tompi, step eksfoliasi memang tidak ada. Bahkan, dokter Tompi menyebutkan kalau kulit kita sebenarnya punya siklus regenerasi alami. Namun, pada beberapa kondisi memang perlu adanya proses eksfoliasi. Menurut hemat saya, dari apa yang disampaikan oleh dokter Tompi mengenai basic skincare. Ya sah – sah saja sih mau pakai toner, essence bahkan produk eksfoliasi tetapi jangan sampai 3 produk yang menjadi basic skincare itu terlewatkan. Utamakan untuk memenuhi basic skincarenya dulu. Saya pribadi, memang nggak terlalu banyak mencoba produk eksfoliasi apalagi yang jenisnya chemical. Saya lebih sering menggunakan physical dan andalan saya yaitu Safi Age Defy Deep Exfoliator. Saya sudah repurchase berkali – kali dan cocok sih di kulit kering. Insyaallah kapan – kapan saya coba buat reviewnya.

Kesimpulan

Saya coba simpulkan dari apa yang sudah ditulis diatas mengenai jadwal skincare routine versi emak- emak. Rangkaian skincare pagi, saya hanya menggunakan facial wash dan sunscreen. Saat reapply sunscreen ketika shalat dzuhur dan ashar, hanya dibersihkan dengan micellar water jika wajah menggunakan make up. Untuk skincare malam hari, urutannya yaitu micellar water, facial wash, toner, serum dan night cream. Sementara untuk eksfoliasi, saya hanya lakukan seminggu 2 -3 kali dengan produk physical peeling. Kalau jadwal skincare routine kalian gimana? Share dong!




Referensi

https://poskota.co.id/2024/07/13/ini-3-basic-skincare-ala-dr-tompi-gak-pake-ribet?view=all

https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/3-alasan-penting-melakukan-rutinitas-skincare-malam 


Post a Comment for " Jadwal Skincare Routine Anti Ribet Versi Emak – Emak"