Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Moisturizer Dan Day Cream. Kalian Pilih Mana?

Konten [Tampil]
https://www.susistory.com/2024/09/perbedaan-moisturizer-dan-day-cream.html

Gara – gara obrolan random dengan teman di whatsapp, akhirnya saya kefikiran untuk menulis mengenai perbedaan moisturizer dan day cream. Kenapa sampe niat banget bikin postingan? Ya, karena capek dan susah ngejelasin via chat. Hahah... Disclaimer dulu, saya mencoba membahas dari sudut pandang saya pribadi, kalau ada salah mohon koreksi ya😊

Perbedaan Moisturizer Dan Day Cream. Kalian Pilih Mana?

Moisturizer Dan Day Cream : Serupa Tapi Tak Sama

Zaman dulu, sebelum produk skincare banyak seperti sekarang, kayaknya saya nggak dibikin pusing dengan perbedaan moisturizer dan day cream karena memang pilihan produk di pasaran lebih sedikit. Berbeda dengan sekarang, pilihan produk skincare sangat beragam dengan segala keunggulan yang ditawarkan produsen. Kalau nggak ingat isi dompet, rasanya pengen diborong semua deh. Hahaha

Perkembangan dunia digital memang membuat kita sangat mudah mengakses informasi apapun termasuk mengenai skincare. Namun, tak jarang informasi tersebut malah bikin pusing terutama bagi pemula. Setuju nggak? Nah, mengenai perbedaan moisturizer dan day cream, secara sepintas memang tidak akan terlihat perbedaannya. Sama – sama produk skincare, terlepas dari bentuknya yang gel, lotion maupun krim. 

Perbedaan Moisturizer Dan Day Cream

https://www.susistory.com/2024/09/perbedaan-moisturizer-dan-day-cream.html

Untuk mengetahui perbedaan moisturizer dan day cream, hal paling pertama yang bisa dilakukan yaitu melihat kemasan produk. Meskipun nama skincare zaman now aneh – aneh, tetapi biasanya mengandung “kata kunci” yang menunjukkan bahwa produk tersebut adalah moisturizer ataupun day cream. Saya ambil contoh dari produk yang ada di rumah. Kebetulan, saya punya Safi Hydraglow Moisturizer yang termasuk kategori Moisturizer Dan Quick Glam Day Cream yang termasuk kategori day cream. Nah, gampang kan melihat perbedaan moisturizer dan day cream dari segi nama produk? Tapi, memang nggak semua produk namanya simpel gitu sih. Biasanya, jika menemukan produk dan saya bingung mengenai kegunaan produk tersebut, saya langsung cek instagram atau official webnya.

Perbedaan moisturizer dan day cream selanjutnya yaitu waktu penggunaan. Moisturizer bisa digunakan kapanpun, pagi ataupun malam hari. Jadi, bisa banget moisturizer itu termasuk ke dalam rangkaian skincare pagi dan malam atau bisa juga jadi produk dalam rangkaian skin prep sebelum make up.

https://www.susistory.com/2024/09/perbedaan-moisturizer-dan-day-cream.html


Sementara day cream, hanya boleh digunakan siang sampai sore. Day cream juga bisa jadi skin prep sebelum make up. Namun, penggunaannya hanya digunakan ketika siang atau sore hari. Biasanya, pada produk day cream sudah mengandung anti UV ataupun SPF meskipun kandungannya tidak sebesar sunscreen. Dari beberapa referensi yang saya baca, penggunaan produk dengan kandungan anti UV boleh – boleh saja digunakan malam hari. Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa produk dengan kandungan UV tidak dianjurkan digunakan malam hari karena pada beberapa kondisi kulit bisa saja menyumbat pori. Lalu, bagaimana dengan perlindungan terhadap paparan radiasi dari gadget? Hanya physical sunscreen dengan kandungan zinc oxide yang bisa melindungi dari paparan radiasi tersebut. So, semuanya kembali ke kebutuhan dan kenyaman masing – masing.

Kembali lagi ke topik mengenai waktu penggunaan moisturizer dan day cream. Untuk menghindari terjadinya iritasi atau hal lain yang tidak diinginkan, sebaiknya gunakan produk sesuai anjuran saja. Moisturizer boleh digunakan siang dan malam, sementara day cream hanya digunakan siang hari. Menurut saya, itu sih yang paling aman.

Pilih Moisturizer Atau Day Cream, Ya?

https://www.susistory.com/2024/09/perbedaan-moisturizer-dan-day-cream.html

Setelah menulis panjang lebar mengenai perbedaan moisturizer dan day cream. Terkait lebih bagus mana antara moisturizer dan day cream, semuanya kembali ke pilihan masing – masing. Ada orang yang mungkin suka dengan menggunakan moisturizer saja karena lebih simpel. Cukup punya moisturizer untuk penggunaan siang dan malam. Namun, ada juga orang yang lebih suka dan cocok menggunakan day cream di siang hari dan night cream di malam hari karena dianggap kedua produk tersebut punya fungsi yang spesifik dan tentunya lebih nampol.

Sebagai emak – emak yang lumayan ribet dengan anak – anak, dari segi simpel saya lebih suka moisturizer terutama ketika bepergian atau menginap. Cukup bawa satu produk yang bisa dipakai siang malam. Namun, untuk saat ini rasanya belum menemukan moisturizer yang pas banget di hati. Ujung – ujungnya, ya tetap beli day cream dan night cream! Hahah

Kesimpulan

Berbicara mengenai perbedaan moisturizer dan day cream, sebenarnya sama saja. Yaitu, sama – sama berusaha memberikan nutrisi untuk kulit. Hanya saja, moisturizer bisa digunakan siang malam sementara day cream hanya bisa digunakan siang hari. Saya pribadi, lebih suka moisturizer karena lebih simpel. Namun, untuk saat ini memang belum menemukan moisturizer yang cocok untuk permasalahan kulit saya. Kalau kalian tim moisturizer atau day cream?




Referensi

https://www.tiktok.com/@dr.giovanniabraham/video/7312264468082347270?lang=id-ID

https://kumparan.com/berita-terkini/perbedaan-moisturizer-dan-day-cream-mana-yang-lebih-penting-22b5959PjIL/2

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/sunscreen-malam-hari/

https://www.anessa.id/for-you/apakah-sunscreen-boleh-dipakai-malam-hari-simak-faktanya 


Post a Comment for "Perbedaan Moisturizer Dan Day Cream. Kalian Pilih Mana?"